Oleh: mamty | Juli 13, 2009

FACIAL CARE

Facial Care (Perawatan Wajah)

dikumpulkan dari berbagai sumber

A. Pengantar

Kata ‘facial’ (dibaca Fẻ-syel) sebenarnya adalah kata yang sering digunakan untuk menyingkat ‘facial care’ atau perawatan wajah. Perawatan wajah tersebut bertujuan untuk membersihkan wajah lebih dalam (deep cleansing) dengan aturan main tertentu. Karena bila dilakukan dengan tidak benar akan menimbulkan iritasi atau bahkan memperburuk keadaan wajah.

* Tidak untuk semua kondisi kulit.

Facial tidaklah untuk semua kondisi kulit, hanya orang2 berkulit normal atau tidak bermasalah saja yang bisa melakukan facial rutin dengan jangka waktu 1 bulan sekali . Sedangkan untuk orang yang berkulit bermasalah seperti jerawat yang parah memerlukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli kulit (bisa dokter/ ahli kecantikan). Karena sangat berbahaya melakukan sesuatu pada wajah kita bila tidak dengan dibekali ilmu kulit yang cukup. Salah-salah wajah kita yang menjadi bopeng atau rusak. Oleh karena itu, pilihlah cara merawat wajah yang aman, standard dan tidak berbahaya, bukan coba-coba atau ikut-ikutan teman.

* Tidak perlu terlalu sering melakukan facial

Membersihkan wajah hendaknya dilakukan rutin setiap hari, terutama apabila hendak tidur atau setelah memakai make-up (kosmetik). Facial care juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Untuk kulit yang tidak bermasalah dan kulit orang usia dibawah 30 tahun, facial care cukup dilakukan sebulan sekali, karena pergantian kulit akan terjadi secara normal dalam jangkan waktu 21-28 hari.. Tapi untuk kulit wajah orang dengan usia diatas 30 tahun bisa dilakukan sebulan 2 kali, karena tumpukan sel mati lebih tebal dan kerja hormon pertumbuhan juga berkurang. Jadi perawatan wajah lengkap (facial care) akan sangat bermanfaat agar kulit mati terangkat secara optimal.

* Tidak perlu ke salon, facial bisa dilakukan sendiri dirumah.

Merawat wajah sebenar sangat mudah dan menyenangkan, bahkan bisa juga mendatangkan uang bila kita mau menekuninya. Untuk facial lengkap, kita dapat melakukannya sendiri dirumah dan hanya membutuhkan waktu 30 menit sampai 1 jam saja.

* Hapalkan gerakan memijat wajah

Hendaknya kita mengetahui gerakan memijat wajah yang benar. Gerakan yang benar adalah gerakan melingkar menggunakan dua atau tiga jari kedua tangan (jari telunjuk, tegah dan jari manis), dengan memberikan sedikit tekanan ketika arah gerakan menuju bagian atas wajah (melawan arah gravitasi) dan kearah luar. Jangan memijat dengan keras ketika gerakan putaran tangan kebawah karena akan membuat kulit wajah turun.

* Berikut panduan dasar message/memijat:

  1. Mulailah dari ujung dagu terus sampai berakhir di bawah telinga.
  2. Lalu dari kedua ujung bibir, berakhir diatas telinga.
  3. Lalu dari kedua ujung cuping hidung berakhir di pelipis (samping mata)
  4. Lalu atas hidung / tengah dahi keujung samping dahi.
  5. Untuk hidung, gunakan gerakan naik turun. Hindari daerah sekeliling mata.
  6. Gerakan memijat selalu mengarah ke atas dan keluar.

Gerakan memijat ini akan digunakan pada setiap tahapan facial.

B. Langkah-langkah melakukan Facial.

Siapkan peralatan sebagai berikut:

  1. Milk Cleanser
  2. Toner
  3. Facial Scrub
  4. Masker
  5. Minyak zaitun (optional, boleh tidak pakai)
  6. Kapas kosmetik
  7. Handuk kecil 2 buah atau waslap.
  8. Baskom kecil (untuk diisi air hangat diawal dan air dingin di akhir)
  9. Bandana/ shower cap (topi plastic untuk mandi)

Tahapan-tahapan Facial :

  1. Bersihkan wajah

Taruh susu pembersih ( Milk Cleanser), taruh dipunggung tangan secukupnya lalu oleskan ke leher dan wajah mulai dari dagu hingga dahi. (tangan dalam keadaan bersih, sudah cuci tangan). Lakukan gerakan memijat kira-kira 2-3 menit, jangan terlalu lama, lalu bersihkan dengan kapas kosmetik.

  1. Berikan penyegar / toner

Tuangkan toner secukupnya ke kapas lalu usapkan dengan sedikit tepukan ringan pada kulit wajah. Penyegar berfungsi mengembalikan kelembapan kulit wajah yang terangkat oleh cleanser sebelumnya.

  1. Pengelupasan / Scrubbing

Oleskan scrub wajah pada titik-titik dagu, pipi kanan-kiri, hidung dan dahi. Lalu lakukan gerakan memijat. Lakukan lebih lama pada daerah wajah yang berminyak, kusam atau terdapat bekas jerawat. Biasanya pada daerah T (hidung dan atas alis). Lakukan scrubbing kira-kira 5-10 menit. Bila terlalu lama bisa menyebabkan kulit perih karena iritasi dan menimbulkan koyakan kecil pada kulit. Hindari daerah mata dan kulit wajah berjerawat yang sedang meradang (matang) karena malah akan menambah parah peradangan. Membersihkan scrub paling optimal adalah dengan mencuci bersih muka dengan air hangat. Namun bila tidak mungkin gunakan handuk kecil yang sudah dibasahi air hangat lalu usapkan kewajah sampai wajah bersih dari scrub.

  1. Penguapan / Steam

Penguapan bisa dilakukan selama dengan berbagai cara:

  1. Isi baskom dengan air hangat, celupkan waslap khusus wajah (bisa juga handuk kecil) lalu tekan-tekan ke wajah 2-3 kali.
  2. Handuk yang sudah dicelupkan ke air hangat diletakkan ke wajah lalu biarkan sampai handuk terasa agak dingin. Bisa diulangi sampai 5-10menit.

Penguapan akan membuat pori-pori wajah terbuka sehingga komedo bisa lebih mudah diangkat. Tetapi jangan melakukan pencungkilan komedo apalagi jerawat secara sembarangan karena bisa membuat wajah lebih parah. Bila ingin mengeluarkan jerawat dengan menggunakan tangan, gunakan ujung jari yang bersih dan sudah dicuci alkohol, jangan menggunakan kuku, apalagi kuku yang kotor.

Ada juga yang berpendapat memencet jerawat sendiri sangat berbahaya karena bisa menimbulkan infeksi karena pengerjaan yang kurang bersih. Akan lebih baik untuk pergi kedokter kulit bila memungkinkan, bila tidak memungkinkan akan lebih aman untuk membiarkan saja jerawat dengan selalu menjaga kebersihan wajah.

  1. Masker

Sebelum memakai masker ada baiknya lakukan pemijatan ringan dengan menggunakan sedikit minyak pijat (bisa pakai minyak zaitun). Namun pemijatan ini tidak harus, namun pemijatan selain bisa membuat kulit lebih lentur dan membuat kita lebih rileks, juga bisa membuat kulit lebih efektif menyerap nutrisi dari masker yang akan kita pakai dan lebih optimal mengangkat kotoran yang masih tersisa. Oleskan masker dari dagu sampai kedahi, leher bisa juga dimasker bila perlu. Biarkan selama 10-15 menit sampai masker terasa kaku.

* Bila menggunakan masker jel lepaskan masker dari arah bawah dagu ke atas. Dan bila masker masih tersisa, paling optimal adalah membasuhnya dengan air dingin. Namun bila membersihkan dengan air tidak memungkinkan (karena repot harus bolak balik kekamar mandi) sisa masker bisa dibersihkan dengan handuk/waslap yang sudah dicelup air dingin.

* Bila menggunakan masker bubuk yang dicampur air, bersihkan dulu dengan air hangat, atau handuk yang sudah dicelup air hangat. Setelah wajah bersih tutup wajah dengan handuk yang sudah dicelup air dingin.

Masker dan handuk dingin dapat memperkecil pori-pori yang tadi terbuka, dan wajah akan terasa kencang dan segar.

  1. Pelembab / Moisturizer.

Ada baiknya pada akhirnya memakai pelembab wajah untuk menjaga kulit senantiasa sehat dan kenyal.

Alhamdulillah

- Selesai -

About these ads

Responses

  1. Uah,. w CoBa ah pKe maSker
    sLama ni w males perawatan yg kayak begituan padahal kulit w sensi bener,alhasil jerawat betah numpang idup dipipi.. Kalo w coba buat rajin perawatan sapa tau aja jerawat bisa minggat

    • betulll.. kita sebagai cewek mesti rajin ngerawat wajah..kalao engga apa bedanya dong muka kita sama cowo..ehehe. Yah untuk facial yang lengkap mah 1 bulan sekali cukp kali ya.. Entar kalo udah kinclong lapor di marih yah…. Cheers.

  2. crub.nya boleh pakek pelling gk?.,

    • Scrub nya bisa pake peeling kok.. pilih mana yang nyaman aja.. ada jeni scrub yang agak kasar seperti scrub buah apricot, ada juga yang lembut.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: